loading...

Hikmah Membaca Doa Belajar Saat Menuntut Ilmu

loading...
Anak-anak hendaknya mendapat pendidikan agama sejak dini. Hal tersebut bisa dimulai dari tindakan yang dianggap sepele seperti mengajarkan berdoa sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Misalnya mengajarkan membaca doa belajar sebelum memulai untuk mencari pengetahuan baru. Seperti diketahui, seseorang hendaknya memenuhi lisannya dengan doa dan dzikir ketika akan menuntut ilmu.

Pasalnya, ada banyak sekali halangan dan rintangan menghadang, baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam. Sebenarnya ada banyak hikmah ketika memulai belajar dengan doa ini. Apa saja hikmahnya dan bagaimana lafad doanya? Berikut ulasannya?

Adapun Lafadz doa belajar yang bisa diamalkan ketika akan memulai menuntut ilmu adalah sebagai berikut.


Artinya:
"Ya Allah, manfaatkanlah untuk diriku apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarilah aku dengan apa yang bermanfaat bagiku dan limpahkanlah rizqi berupa ilmu yang bermanfaat bagiku. (Riwayat Nasai dan Hakim dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu.) Tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam keadaan apapun dan aku berlindung kepada Allah dari keadaan penghuni neraka." (Hadist Riwayat Tirmidzi)

Seperti diketahui aktivitas belajar ini bukan  hal yang mudah. Perlu biaya, waktu dan kemauan yang tidak semua orang bisa memilikinya. Ada pula penghalang-penghalang lainnnya yang dapat membuat kita jauh dari keinginan untuk belajar. Dengan berdoa, maka akan banyak sekali hikmah yang akan diterima.

1.Ilmu menjadi berkah
Mencari ilmu hukumnya wajib bagi seorang muslim baik yang laki-laki maupun perempuan. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Al baihaqi yang artinya:

"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (H.R. Al-Baihaqi)

Dengan berdoa, membuat ilmu yang kita pelajari menjadi lebih berkah. Pasalnya, kita melibatkan Allah dalam proses pencarian ilmu tersebut. Sehingga Allah akan ridho dan memberikan banyak berkah dan pahala kepada mereka yang memulai belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

2. Dimudahkan Dalam Belajar
Tidak bisa dipungkiri jika dalam menuntut ilmu dan belajar, ada banyak rintangan yang akan menghampiri.

Dengan membaca doa belajar, maka Allah akan memudahkan kita dalam menerima ilmu yang dipelajari. Dengan begitu ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar. Seperti yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (Al Mukmin: 60).

3. Mendapat Pahala
Jika ibadah digambarkan ke dalam struktur tubuh manusia maka doa merupakan bagian otaknya ibadah. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan ataupun imbalan berupa terkabulnya doa. Kesimpulannya, doa merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak doa dipanjatkan maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.


from Info Unik http://ift.tt/2zi63Ga
Wiwik Setiawati http://ift.tt/2zhLvxA Sumber artikel http://ift.tt/1O9hZcL
loading...

0 Response to "Hikmah Membaca Doa Belajar Saat Menuntut Ilmu"

Post a Comment