loading...

Bacalah Doa ini Saat Dilanda Rasa Rindu

loading...
Perasaan rindu tentu saja pernah dialami oleh semua orang. Terlebih lagi ketika kita berada dalam jarak yang cukup jauh dari orang yang dirindukan. Tidak hanya kepada sesama manusia, rasa rindu akan muncul ketika seseorang berharap bertemu dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Pada dasarnya, rindu menjadi salah satu fitrah manusia. Namun hal yang harus dipahami adalah, jangan sampai perasaan rindu tersebut justru membawa kita mengikuti bisikan setan yang menyesatkan. Terlebih lagi ketika kita merindukan seseorang yang bukan mahramnya.

Maka dari itu, ketika perasaan rindu menghinggapi hati ada baiknya berdoa kepada Allah SWT. Pada kenyataannya memang ada doa-doa yang bisa dibaca ketika seseorang mengalami perasaan rindu. Doa apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

1. Doa Nabi Yusuf as (Surat Yusuf ayat 4)
Bacaan doa ketika dilanda rindu yang pertama adalah Surat Yusuf ayat 4. Selain untuk doa pelepas rindu, beberapa orang juga menyebutkan bahwa doa ini akan mempermudah untuk bertemu jodoh serta mempererat hubungan suami istri.

Seperti yang diketahui bahwasanya Nabi Yusuf ini memiliki ketampanan yang luar biasa dan membuat wanita di sekitarnya terpesona karena wajah tampannya tersebut. Namun ternyata Allah SWT menakdirkan nabi Yusuf berjodoh dengan seorang wanita berparas cantik bernama Siti Zulaikha. Ketika beliau dilanda kerinduan terhadap istrinya inilah yang membuat Nabi Yusuf kerap membaca doa dari ayat di atas:

“Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Wasy syamsa Wal Qamara Ra aituhum Lii Sajidin”

Artinya: “Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya,” Wahai Ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas buah bintang, matahari dan bulan kelihatan semuanya sujud kepadaku” (QS Yusuf: 4)

2. Surat Thahaa ayat 39
Selain surat yusuf, ternyata masih ada beberapa ayat Al-Qur’an yang juga dianggap mustajab untuk melepaskan rindu kepada seseorang yakni terdapat dalam surat thaahaa ayat 39. Bacaan ayat ini lebih baik dibaca ketika selesai melaksanakan shalat dengan rasa yang tulus ikhlas. Banyak yang meyakini setelah membaca doa ini maka rasa rindu yang terpendam akan terobati dengan cara yag benar. Bacaan ayat tersebut adalah:

“Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii”

Artinya: Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasanku.”(Qs thaahaa:39)

3. Surat Al Fatihah
Seperti yang kita ketahui bahwasanya bacaan Al-Fatihah memiliki banyak keistimewaan. Selain dijadikan sebagai surat pembuka dalam Al-Qur’an, ternyata surat ini juga bisa digunakan dalam mengobati penyakit, memperluas rezeki, menjauhkan diri dari sifat pelupa, dan bahkan bisa menjadi salah satu obat melepas kerinduan. Adapun bacaan ayatnya adalah:

“Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Arrahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin. Ihdinashirratal mustaqim. shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. (QS Al Fatihah: 1-7)

4. Surat Al-Baqarah ayat 165
Potongan surat Al-Baqarah ayat 165 juga dipercaya bisa menjadi doa ketika kita sedang merasakan kerinduan kepada orang lain. Akan tetapi, tidak ada dalil ataupun hadist yang menjelaskan mengenai perkara ini. Adapun ayat yang dapat dibaca itu adalah:

“Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah”

Artinya: Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah (Al-Baqarah: 165)

5. Surat Ali-Imran ayat 14
Tidak hanya surat Al-Baqarah ayat 65 saja yang dipercaya dapat menjadi doa penawar rindu. Namun kebanyakan orang juga menggabungkan bacaan ayat tersebut dengan Surat Ali-Imran ayat 14. Sama halnya dengan Surat Al-Baqarah ayat 65, pada Surat Ali-Imran ayat 14 juga tidak ada dalil yang menyatakan bahwa ayat tersebut bisa menjadi doa melepas rindu.

“Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah”

Artinya: Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak  dari emas dan perak. (Ali-Imran:14)

6. Doa Rindu Orang Tua
Sebagai anak, kita tentu saja merindukan orangtua yang sudah membesarkan dan merawat kita. Baik ketika berjauhan semasa hidup terlebih ketika mereka sudah dipanggil Sang Pencipta. Perasaan rindu yang teramat sangat ini bisa terobati dengan senantiasa membacakan doa yang berbunyi:
 tua.

“Allahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa.”

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Demikianlah informasi mengenai bacaan doa yang bisa dilantunkan ketika kita sedang merasakan kerinduan kepada seseorang. Ada baiknya untuk senantiasa mengamalkannya dalam keseharian agar kita terhindar dari bisikan atau godaan setan karena perasaan rindu tersebut.


from Info Unik http://ift.tt/2jY0dE1
Wiwik Setiawati http://ift.tt/2jhW6TA Sumber artikel http://ift.tt/1O9hZcL
loading...

0 Response to "Bacalah Doa ini Saat Dilanda Rasa Rindu"

Post a Comment